TIGA AMALAN SELAMAT DARI SEMERU


Oleh: Rita Mutiara

Dikutip Tribunnews Bogor dari akun Instagram Tribun Jatim, Pak Roh bersyukur rumahnya sama sekali tidak hancur akibat terjangan lahar Gunung Semeru.

Ketika ditanya soal amalan apa saja yang membuat rumahnya masih berdiri kokoh saat diterjang lahar Gunung Semeru, Pak Roh langsung bercerita. Jawabannya bisa disimpulkan sebagai Berikut,

Ada 3 Amalan yang dikerjakan Pak Ruh:
  1. Rutin lakukan sholat lima waktu
  2. Rutin sedekah dan tidak mengingat kembali
  3. Berhubungan baik dengan tetangga, peka terhadap kebutuhan tetangga.

Dari sholat 5 waktu, membahas hanya sholat subuh saja, ternyata memiliki keutamaan luar biasa.

Salah satu keutamaan melaksanakan sholat Subuh tepat waktu, yaitu selalu mendapat lindungan Allah.

Pak Roh dan hamba lain yang selamat dari musibah Semeru, jelas karena mendapat perlindungan dari Allah SWT. Khusus Pak Roh yang selalu melaksanakan sholat 5 waktu.

Dalam Hadits rasulullah pun dinyatakan, dari Jundab Bin Sufyan, Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Barangsiapa yang menunaikan sholat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan janjinya. Barangsiapa yang membunuh orang yang menunaikan sholat Subuh, Allah akan menuntutnya sehingga Allah akan membenamkan mukanya ke dalam neraka." (HR. Muslim, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Dari sholat subuh saja, betapa Allah mencurahkan sifat Rahman dan Rahim kepada hamba-Nya, menjadikan sholat jaminan keselamatan yang diberikan Allah.

Amalan berikutnya yang dilakukan adalah sedekah.

Banyak keutamaan sedekah, namun hanya satu keutamaan yang diungkapkan di sini. Ternyata sedekah dapat memanjangkan Usia dan mencegah kematian Buruk.

Tentu kita semua menginginkan mendapatkan keutamaan dari bersedekah. yaitu Mampu memperpanjang usia. Maksud memperpanjang usia yaitu banyaknya amal yang dilakukan selama hidup.

Sedekah membuat amalan kebaikan bersedekah akan terus dikenang melebihi umur hidup di dunia ini. Dengan sedekah, seseorang dijauhkan dari kematian yang buruk. Menjadi harapan agar kematian kita dalam keadaa Husnul khatimah.

Rasulullah SAW,bersabda:

Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.”(HR. Thabrani).

Berikutnya amalan Ketiga tentang hubungan dengan tetangga, Allah SWT berfirman:

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا
"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri," (QS an- Nisa' [4]: 36).

Ayat di atas menerangkan tentang perintah untuk berbuat baik, salah satunya terhadap tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh. Suatu keutamaan perintah karena disandingkan dengan perintah untuk menyembah Allah SWT dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun.

Amalah yang tidak rumit namun sejauh mana keikhlasan dan kesungguhan, itulah kunci, dan hanya Allah yang bisa menilai. Semua tersimpan di lubuk hati tidak tampak secara kasat mata. [].

Wallahu alam

Posting Komentar

0 Komentar